10 Cara Memulai Usaha Kuliner Menguntungkan

Cara Memulai Usaha Kuliner – Bisnis kuliner bisa jadi usaha yang sangat menjanjikan dan bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tak ada matinya. Akan terus eksis sepanjang masa selama produk yang kamu tawarkan bisa bersaing di pasaran dan sudah memiliki pelanggan tetap.

Memulai bisnis kuliner sebenarnya tidak sulit dan ribet, asalkan kamu paham dengan cara dan strategi yang tepat.

Memulai bisnis atau usaha kuliner bisa dibilang tidak terlalu sulit, asalkan kamu paham cara dan strateginya. Ada banyak pengusaha sukses dan kaya raya dari bisnis kuliner. Jika kamu berniat ingin memiliki bisnis kuliner yang berkembang, di bawah ini beberapa cara untuk memulai usaha kuliner.

  1. Buat Business Plan

Membuat business plan merupakan langkah pertama yang wajib kamu lakukan agar bisnismu kedepannya berjalan lancar.

Ada beberapa acuan dalam membuat business plan, apa saja yang harus ditentukan?

  • branding
  • target pasar
  • identitas brand
  • jenis kuliner yang ingin dijual
  • sistem operasional

Kelima unsur tersebut harus dipikirkan dengan matang agar bisnismu lancar dan professional. Kamu juga harus membuat logo brand yang menarik, dan rajin melakukan branding di media sosial agar bisnis semakin berkembang.

  1. Kelola Keuangan Dengan Matang

Keuangan atau cashflow merupakan hal yang sangat vital dalam setiap bisnis. Meski bisnismu masih berskala kecil, kamu harus mampu mengelola keuangan dengan matang. Miliki keahlian mengelola financial yang baik. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah membuat laporan keuangan dan laporan laba rugi.

Gunakan dana pribadi sebagai modal awal. Menggunakan uang pribadi dirasa lebih aman dan nyaman ketimbang menggunakan dana dari orang lain (investor). Jika kamu belummempunyai modal yang cukup, sisihkan keuntunganmu hingga terkumpul banyak untuk diputar kembali menjadi modal.

  1. Tentukan Harga

Setiap pebisnis memiliki hak untuk menentukan harga yang tepat untuk produknya. Namun, kamu juga harus memperhatikan sejumlah hal sebelum menentukan harga. Jangan sampai harga yang kita patok terlalu mahal atau terlalu murah.

Perhitungkan seluruh biaya operasional yang kamu keluarkan. Mulai bahan baku, gas, sabun cuci piring, hingga tenaga. Tentukan harga yang sesuai dengan harga pasaran. Tentukan juga berapa presentase keuntungan yang ingin kamu dapat.

  1. Riset Kompetitor

Untuk bisa bersaing di bisnis kuliner, kamu juga harus mempelajari competitor dengan mendalam. Pelajari bagaimana mereka melakukan pemasaran, berapa harga yang dipatok, bagaimana kualitas produknya, serta bagaimana cara mereka melayani konsumen.

Riset competitor sangat penting dilakukan sebelum memulai bisnis kuliner agar kamu mengetahui celah yang tepat untuk menyaingi mereka.

  1. Cari Lokasi Usaha Yang Strategis

Lokasi usaha juga sangat menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis. Jika kamu berniat membuka bisnis kuliner secara offline, missal membuka kedai atau restoran, carilah lokasi usaha yang strategis. Lokasi warteg misalnya, akan cocok di dekat perkantoran.

Café atau kedai akan cocok dibuka di dekat kampus. Jika kamu ingin buka usaha angkringan, area dekat kos kosan atau perumahan penduduk juga sangat cocok untuk dipilih. Pastikan juga lokasinya mudah diakses dan bisa menarik banyak pembeli.

  1. Buat Inovasi Bisnis

Inovasi merupakan satu hal yang sangat penting bagi setiap bisnis. Kendati ada banyak orang yang berbisnis nasi goreng misalnya, kita harus membuat inovasi baru pada nasi goreng agar bisnis kita lebih dikenal dan bisa diterima dengan mudah di pasaran.

Check Also

 5 Tips Memulai Bisnis Fashion Agar Lebih Cepat Dikenal

Ada banyak peluang bisnis yang bisa kamu geluti untuk bisa mendapatkan income tambahan yang nominalnya …

Leave a Reply