10 Efek Buruk Gadget Bagi Kesehatan yang Harus Diwaspadai

Gadget menjadi bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Berkat keberadaan gadget, kita jadi sangat terbantu dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Beberapa gadget seperti ponsel dan tablet menjadi hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia modern saat ini.

Gadget atau gawai ada banyak jenisnya. Gawai yang paling banyak digunakan saat ini adalah ponsel. Karena selain untuk alat komunikasi, ponsel juga digunakan untuk keperluan lainnya seperti membuat video, memotret, hingga membuat catatan.

Namun dibalik berbagai kecanggihan gadget, ada sejumlah efek buruk yang mampu mengganggu kesehatan, antara lain:

  1. Agresif

Menggunakan gadget terlalu sering membuat anak-anak menjadi agresif. Hal ini dikarenakan gadget yang digunakan secara berlebih dapat mengganggu kinerja otak sehingga anak jadi agresif.

  1. Kegemukan

Penggunaan gadget yang tidak bijaksana juga bisa membuat kita malas bergerak, dan  pada akhirnya menjadi kegemukan. Kamu jadi senang duduk sembari menikmati aneka camilan dengan kalori tinggi. Akibatnya, lemak semakin menumpuk di dalam tubuh.

  1. Gangguan Tidur

Penggunaan gadget berlebih juga berdampak pada kualitas tidur. Jika menggunakan gadget secara berlebih, kamu akan kesulitan tidur akibat cahaya yang dipancarkan gadget. Jika menggunakan gadget sebelum tidur secara tidak wajar, kualitas tidur pun akan terganggu. Gangguan tidur biasanya muncul setelah penggunaan gadget berlebih secara konstan.

  1. Mata Kering

Mata kering merupakan gangguan kesehatan yang sangat umum dirasakan pengguna gadget. Keluhan tersebut biasanya dirasakan pasca kita menggunakan gadget berjam-jam lamanya tanpa istirahat. Saat menggunakan gadget berlebih, mata menjadi tegang dan kehilangan kelembaba. Akibatnya mata menjadi kering dan sakit.

  1. Gangguan Pendengaran

Mendengarkan musik dari gadget dalam waktu yang lama, dan dilakukan dalam jangka panjang, bisa memicu kerusakan alat pendengaran. Menurut para ahli, suara dikeluarkan oleh earphone yakni sebesar 85 desibel, dan mampu merusak rambut mikroskopis di telinga.

  1. Produksi Sperma Menurun

Para ahli juga percaya bahwa laki-laki yang menggunakan gadget berlebih mengalami penurunan kualitas dan kuantitas sperma. Pada akhirnya, akan mempengaruhi kesuburan.

  1. Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat mengerikan. Salah satu penyebab penyakit kanker ternyata karena penggunaan gadget yang tidak bijaksana. Gadget mampu memicu kanker kulit, tiroid, leukemia, perut, hingga kanker payudara.

  1. Nyeri Punggung

Berlama-lama di depan gadget juga bisa membuat seluruh badan sakit, terutama puinggung. Apalagi jika kamu terus menerus menggunakan gadget dalam posisi duduk.

  1. Stres

Gadget juga memicu stress. Jika kamu menggunakan gadget dengan tidak bijaksana, apalagi dalam waktu yang sangat lama, gadget bisa mempengaruhi kondisi psikis dan mentalmu.

  1. Risiko Selama Kehamilan

Ibu hamil harus pandai menjaga kesehatan demi kebaikan dirinya dan buah hatinya. Jika ibu hamil menggunakan gadget berlebihan, dikhawatirkan akan memperlambat perkembangan otak Janin akibat radiasi gadget.

Check Also

Pengertian Asuransi Sosial Serta Ciri-Cirinya

Ada banyak produk asuransi yang bisa kamu manfaatkan untuk melindungi dirimu dari berbagai kemungkinan buruk …

Leave a Reply