11 Dampak Buruk Gadget Bagi Kesehatan yang Wajib Diwaspadai

11 Dampak Buruk Gadget Bagi Kesehatan yang Wajib Diwaspadai

Dampak Buruk Gadget – Gadget atau gawai memang mendatangkan banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Gadget menjadi alat komunikasi sekaligus pusat hiburan bagi para penggunanya. Di tengah-tengah gempuran gadget, kamu juga harus mengetahui bahwa gadget tak hanya mendatangkan manfaat, namun juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

11 Dampak Buruk Gadget Bagi Kesehatan yang Wajib Diwaspadai

Jika digunakan secara berlebih dan tak bijaksana, dampak buruk gadget bagi kesehatan dirasa cukup membahayakan. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun bisa merasakan dampaknya. Apa saja dampaknya? Berikut ini kami ulas.

  1. Agresif

Menggunakan gadget secara berlebih membuat anak-anak menjadi lebih agresif dan hiperaktif. Anak-anak jadi kesulitan mengontrol emosi, serta cenderung tak bisa bersikap tenang.

  1. Kegemukan

Saat sedang menggunakan gadget, kamu tentunya ingin juga disambi ngemil. Berbagai camilan yang biasanya dimakan saat sedang menggunakan gadget biasanya goreng-gorengan dan makanan manis, semua makanan itu tinggi kalori yang nantinya akan menambah berat badan. Menggunakan gadget secara berlebih juga menyebabkan kamu malas bergerak.

  1. Gangguan Tidur

Penggunaan gadget secara berlebih di malam hari bisa menyebabkan gangguan tidur. Hal ini dikarenakan layar ponsel yang terpapar ke mata kita membuat otak kita jadi sulit membedakan mana waktunya tidur dan mana bukan. Jika dilakukan terus menerus, hal ini akan menyebabkan gangguan tidur yang cukup parah.

  1. Mata Kering

Radiasi dari gadget juga bisa menyebabkan mata kering. Hal ini karena pada saat melihat layar gadget, biasanya kita tidak berkedip dalam waktu lama. Mata juga menjadi tegang karena melihat tulisan atau gambar di gadget.

  1. Gangguan Pendengaran

Penggunaan gadget secara berlebih juga bisa mengganggu pendengaran apalagi jika kamu setiap hari menggunakan earphone dalam rentan waktu berjam-jam. Para ahli mengatakan, earphone mengeluarkan suara 85 desibel yang bisa mengubah rambut mikroskopis di telinga menjadi terganggu.

  1. Produksi Sperma Menurun

Bagi laki-laki, penggunaan gadget berlebihan juga bisa mengganggu produksi sperma. Apalagi jika gadget digunakan lebih dari 18 jam dalam sehari.

  1. Kanker

Hal yang paling dikhawatirkan dari penggunaan gadget berlebihan adalah kanker. Radiasi dari ponsel atau gadget bisa memicu kanker seperti kanker tiroid, kanker kulit, kanker perut, leukemia atau kanker darah, serta kanker payudara.

  1. Nyeri Punggung

Saat terus menerus duduk atau rebahan karena keasyikan menggunakan gadget, risiko berikutnya yang mungkin kamu alami adalah nyeri punggung. Hal ini juga dikarenakan kita kurang gerak dan kurang terpapar cahaya matahari.

  1. Stres

Penggunaan gadget yang tidak tepat juga memicu stress. Ada kalanya kita menjadi terganggu dengan panggilan masuk atau postingan orang-orang di media sosial. Stress inilah yang nantinya juga akan berdampak buruk pada kesehatan.

  1. Menurunkan Kepekaan Terhadap Lingkungan

Gadget juga membuat kita menjadi acuh tak acuh dengan lingkungan sekitar. Kita terlalu asyik bermain gadget sehingga enggan berinteraksi dengan lingkungan dan pada akhirnya menjadi orang yang tak peka dengan lingkungan bahkan cenderung anti-sosial.

  1. Risiko Selama Kehamilan

Bagi ibu hami, risiko penggunaan gadget berlebih adalah terganggunya janin. Radiasi gadget bisa mengganggu perkembangan otak janin dan cenderung menyebabkan janin menjadi hiperaktif.

Check Also

Berbagai Kelebihan Gopay Plus dan Cara Daftarnya

Saat ini e-wallet atau dompet digital banyak digunakan masyarakat untuk memudahkan proses pemabayaran dan bermacam …

Leave a Reply