5 Aplikasi Edit Video PC Gratis untuk Pemula

Aplikasi edit video saat ini sudah banyak tersedia untuk bisa digunakan oleh berbagai kalangan, mulai pemula hingga professional. Aplikasi edit video juga banyak yang tersedia secara gratis dan bisa diunduh di Google tanpa dipungut biaya sama sekali.

Jika saat ini kamu sedang keranjingan mengedit video di PC, sebaiknya gunakan 5 aplikasi edit video PC gratis untuk pemula di bawah ini. Akan kami ulas satu persatu beserta fitur dan berbagai kelebihannya, semoga membantu.

1. Blender

Pertama, ada aplikasi edit video PC bernama Blender. Aplikasi satu ini tersedia secara gratis dengan ukuran berkas yang ringan yaitu 128 MB hingga 190 MB saja. Blender bisa digunakan untuk Mac, Windows maupun Linux dengan fitur video editing yang cukup lengkap.
Bisa dibilang, fitur yang tersedia sudah sekelas pro. Beberapa fitur andalan dalam aplikasi Blender antara lain cut video, live preview, syncing, audio mixing, scrubbing, waveform visualization dan masih banyak lagi. Terdapat juga sejumlah efek menarik yang bisa membuat video makin tampak professional.

2. Lightworks

Selain Blender, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Lightworks. Aplikasi ini juga sangat ringan dengan ukuran file 67 MB – 90 MB tergantung platform yang digunakan. Aplikasi ini bisa digunakan di Windows, Mac hingga Linux.
Terdapat paket kreatif video lengkap bagi pemula hingga professional sehingga cocok digunakan untuk video Youtube maupun media sosial. Lightworks juga memiliki fitur lengkap yang bisa digunakan untuk kegiatan edit video professional.

3. Avidemux

Avidemux juga sangat kami rekomendasikan. Pasalnya, aplikasi edit video PC satu ini sangat ringan dengan user interface yang sederhana. Dengan ukuran file hanya 28 MB hingga 39 MB saja, kamu bisa edit video untuk sosmed maupun Youtube.

Avidemus bisa digunakan untuk berbagai platform mulai Windows hingga Mac. Terdapat banyak fitur unggulan seperti cutting, filter dan encoding. Terdapat juga fitur de-noising filter dan sharpening.

4. Shotcut

Untuk pengalaman video editing yang baik di PC, kamu juga harus coba aplikasi Shotcut. Aplikasi satu ini juga gratis dan sangat ringan dengan ukuran file 70 MB hingga 105 MB.

Shotcut memiliki userinterface yang sangat sederhana sehingga sangat mudah digunakan baik oleh pemula sekalipun. Di dalam shotcut terdapat menu media, timeline, effect hingga preview. Fitur-fitur andalannya antara lain memotong video, menu timeline, media, dan berbagai efek.

5. VSDC Free Video Editor

Aplikasi VSDC free Video Editor juga cukup populer digunakan sebagai aplikasi edit video gratis untuk PC dengan ukuran yang sangat ringan, yaitu hanya 76 MB. Namun, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk perangkat Windows.
VSDC Free Video Editor memilikii antarmuka yang sangat sederhana, sehingga pemula sekalipun tak akan kesulitan mengoperasikan aplikasi satu ini. Kendati sederhana, fitur yang tersedia cukup lengkap mulai efek, transisi hingga editing non-linear.

Check Also

Pengertian Asuransi Sosial Serta Ciri-Cirinya

Ada banyak produk asuransi yang bisa kamu manfaatkan untuk melindungi dirimu dari berbagai kemungkinan buruk …

Leave a Reply