5 Makanan Khas Sumba yang Lezat dan Unik

Apakah kamu tertarik mengunjungi Sumba? Sumba atau Sumbawa merupakan salah satu daerah yang ada di wilayah Nusa Tenggara Barat yang terkenal memiliki keindahan alam yang mempesona. Jika kamu dalam waktu dekat berniat bertandang ke Sumba, selain mengetahui tempat-tempat indah di Sumba, kamu juga harus tahu dan mencoba makanan khas Sumba.

Selain terkenal dengan berbagai destinasi wisata alam yang memanjakan mata, ternyata terdapat juga sejumlah makanan khas Sumba yang unik dan patut dicoba. Jika kamu berkunjung ke Sumba, rasanya ada yang kurang bila kamu tak mencoba 5 makanan khas Sumba berikut ini:

  1. Rumpu Rampe

Pernah dengar nama makanan rumpu rampe? Makanan satu ini merupakan olahan makanan berupa tumisan bunga papaya, singkong dan daunn papaya. Terdapat juga jantung pisang yang semakin menambah cita rasa dan tekstur pada masakan. Uniknya, meskipun terdiri dari berbagai macam sayur, rasanya tidak pahit. Namun justru asin dan gurih dengan tambahan udang rebon.

  1. Nasi Jagung

Selain rumpu rampe, makanan khas Sumba juga ada nasi jagung. Sesuai dengan namanya, panganan satu ini terbuat dari jagung dengan campuran berbagai bahan makanan lainnya seperti kacang tanah merah. Pembuatan nasi jagung dimulai dengan proses penggilingan jagung kemudian dimasak dengan nasi putih dan aneka kacang. Nasi jagung juga ditambahkan dengan sayur dan ayam.

  1. Kaparak

Saat berada di Sumba, kamu juga harus mencoba makan Kaparak. Kuliner khas satu ini berbahan dasar jagung yang bercampur dengan kelapa parut beserta gula pasir putih secukupnya. Bahan-bahan yang telah bercampur kemudian disangrai hingga kekuningan. Makanan ini bisa jadi cemilan enak dan dijadikan menu sarapan maupun menu makan malam.

  1. Ka’pu Pantunnu

Ka’pu Pantunnu merupakan kuliner khas Sumba yang diolah dari jantung pisang dengan proses pembuatan yang unik, yakni dibakar. Jantung pisang dibakar kemudian dipotong menjadi bentuk yang kecil. Kemudian setelah dibakar, jantung pisang dicampur parutan kelapa panggang beserta daun kemangi. Ka’pu Pantunnu cocok dimakan dengan nasi putih maupun nasi jagung.

  1. Manggulu

Sumba juga punya kuliner unik bernama Manggulu. Manggulu merupakan makanan tradisional Sumba dengan rasa manis dan asam. Kuliner satu ini terbuat dari pisang dengan campuran kacang tanah dan gula merah. Proses pembuatannya sangat mudah, tapi membutuhkan waktu yang cukup lama. Pisang terlebih dahulu dijemur selama 3 hari kemudian ditumbuk bersama kacang tanah dan gula merah. Setelah adonan tercampur, adonan dibentuk memanjang dan dibungkus daun lontar.

Leave a Reply