5 Tips Sukses Usaha Rumahan Modal Kecil

Usaha bisa dilakukan dari mana saja, termasuk dari rumah. Ada sejumlah peluang usaha rumahan yang bisa kamu tekuni, mulai bisnis kuliner hingga bisnis fashion. Jadilah orang yang tekun dan ikuti tips sukses usaha rumahan. Dijamin kamu bisa meraup keuntungan meski sedikit demi sedikit.

Usaha rumahan biasanya dimulai dari coba-coba, skalanya pun terbilang kecil. Dengan demikian, modal yang dibutuhkan pun tergolong kecil. Usaha rumahan atau home business juga biasanya dijadikan usaha sampingan untuk menunjang penghasilan utama.

Jika kamu berminat untuk menggeluti usaha rumahan, di bawah ini beberapa Tips Sukses Usaha Rumahan. Simak sampai akhir ya!

  1. Pilih Usaha Sesuai Passion

Pelaku usaha rumahan harus mempertimbangkan jenis usaha yang sekiranya akan membawa pada kesuksesan. Dalam hal ini, kamu bisa memilih jenis usaha yang sekiranya sesuai dengan minat atau passion kamu. Misalnya kamu senang masak, maka membuat usaha rumahan di bidang kuliner nampaknya akan jadi usaha yang cukup menjanjikan. Beri sentuhan inovasi agar produkmu semakin diminati.

  1. Perhitungkan Modal Usaha

Modal usaha menjadi hal yang juga sangat penting untuk dipertimbangkan, sekalipun kamu hanya menggeluti home business yang modalnya minim. Untuk usaha rumahan, modalnya biasanya tak lebih dari 50 juta, bahkan ada beberapa usaha yang bisa dimulai dengan modal ratusan ribu saja. Untuk itu, kamu harus menghitung dengan seksama berapa modal yang diperlukan untuk memulai sebuah bisnis rumahan. Pastikan kamu menggunakan modal dari uang dingin ya!

  1. Tentukan Keunikan Produk

Agar produkmu selalu diminati, kamu juga harus memikirkan dengan seksama keunikan produkmu. Produkmu harus unik dan menarik agar bisa menggait pembeli dan menjadikan mereka sebagai pelanggan tetap. Carilah sesuatu yang belum ditawarkan orang lain. Dengan menawarkan produk yang lebih bernilai jual, kamu akan lebih mudah mendapatkan keuntungan.

  1. Lakukan Promosi

Kendati hanya bisnis rumahan berskala kecil, membuat promosi adalah hal yang sangat penting dilakukan. Lakukan promosi dengan mengandalkan sosial media seperti Whatsapp, Instagram, maupun Facebook. Kamu juga bisa mempromosikan produkmu secara offline misalnya di acara pengajian, arisan, reuni, dll. Semakin banyak orang yang tahu usahamu maka akan semakin bagus.

  1. Berikan Pelayanan Terbaik untuk Konsumen

Pelayanan merupakan hal yang sangat krusial dalam sebuah bisnis. Bisnis yang baik dan akan bertahan lama harus memiliki pelayanan prima kepada setiap pelanggan. Jika kamu berbisnis secara online, pastikan kamu membalas setiap chat dengan cepat dan mampu menjawab setiap pertanyaan yang diberikan pelanggan. Jika kamu jutek dan pelayananmu buruk, pelanggan akan malas untuk kembali lagi ke tempatmu dan akan memilih produk lain. Bahkan mereka juga akan menceritakan betapa kecewanya mereka dengan pelayananmu pada orang terdekatnya.

 

Check Also

Tips Bekerja dari Rumah Agar Tetap Produktif

WFH atau work from home banyak dilakukan perusahaan-perusahaan sejak merebaknya pandemic Covid-19. Dengan bekerja dari …

Leave a Reply