7 Makanan khas Sumba yang Wajib Dicoba

7 Makanan khas Sumba yang Wajib Dicoba

Makanan khas Sumba – Saat berkunjung ke suatu tempat, pastinya tak lengkap jika tak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Termasuk jika kamu berkunjung ke Sumba, rasanya ada yang kurang jika kamu belum mencicipi makanan khas Sumba dengan cita rasa yang unik dan bahan-bahan sehat dan segar.

7 Makanan khas Sumba yang Wajib Dicoba

Kuliner atau makanan khas merupakan identitas suatu daerah. Kamu harus mencicipi paling tidak beberapa jenis makanan khas daerah yang kamu pijak. Beberapa bahkan menjadikannya sebagai oleh-oleh agar sanak saudara bisa turut mencicipi. Nah, di bawah ini adalah 7 makanan khas Sumba yang wajib kamu coba, beberapa diantaranya cocok dijadikan oleh-oleh khas Sumba.

  1. Ka’Pu Pantunnu

Salah satu olahan khas Sumba yang sangat digemari masyarakatnya adalah Ka’Pu Pantunnu. Makanan ini berbahan dasar jantung pisang yang ditumis bersama bahan-bahan lainnya. Memiliki cita rasa yang khas, proses pembuatannya pun terbilang unik yakni dengan membakar jantung pisang terlebih dahulu kemudian dipotong kecil-keci. Setelah itu, potongan daun pisang tersebut dicampurkan dengan parutan kelapa dan bahan-bahan lainnya.

  1. Kadapet Watara

Jika kamu sedang kebingungan mencari oleh-oleh Sumba, Kadapet Watara adalah pilihan tepat. Kuliner satu ini merupakan sejenis kue kering berbahan dasar jagung. Jagung dicampur dengan bahan lainnya seperti pisang dan kacang tanah. Semua bahan dibungkus dengan daun jagung, sehingga Nampak seperti kue wajik khas Jawa Barat.

  1. Sup Ayam Waingapu

Hampir semua orang gemar makan sup ayam. Selain rasanya gurih dan lezat, sup ayam juga menyehatkan. Sumba punya salah satu jenis sup ayam yang sangat lezat dan menggugah selera bernama Sup Ayam Waingapu.

Kuliner satu ini memiliki cita rasa yang lezat dengan kuah kaldu, irisan tomat, serta belimbing wuluh yang semakin menambah kelezatannya. Tak tanggung-tanggung, ayam yang dimasukkan pun adalah ayam utuh.

  1. Jagung Titi

Jagung Titi memiliki rasa dan tekstur yang mirip popcorn. Makanan ini termasuk jenis cemilan dengan cita rasa yang gurih. Jagung diolah dengan cara disangrai sehingga cemilan satu ini cocok dijadikan cemilan keluarga yang menyehatkan. Kamu juga bisa memberi tambahan bumbu agar rasanya semakin gurih, bisa manis atau asin tergantung selera.

  1. Kue Rambut atau Jawada

Kue rambut juga merupakan salah satu kuliner khas Sumba yang sering dijadikan oleh-oleh. Kue rambut juga seringkali disebut jawada. Kuliner khas Sumba satu ini memiliki bentuk unik seperti rambut yang menggumpal dengan cita rasa manis dan renyah. Jawada cocok digunakan sebagai teman santai ataupun dijadikan oleh-oleh untuk kerabat pasca pulang berkunjung dari Sumba.

  1. Jagung Catemak

Kamu juga harus coba jagung catemak. Kuliner khas Sumba satu ini mirip kolak, pengolahannya pun bisa dibilang mirip kolak. Tak hanya jagung, terdapat juga beberapa campuran bahan lainnya seperti kacang hijau, labu, serta beberapa sayuran.

Sumba memang terkenal dengan produk jagungnya. Nah, saat berkunjung ke Sumba, kamu juga wajib coba jagung catemak ini karena akan menghadirkan cita rasa unik namun bikin nagih. Rasanya yang creamy dan manis membuatnya cocok dijadikan sebagai dessert.

  1. Bokosawu Nyale

Satu lagi kuliner khas Sumba yang unik dan menggugah selera, namanya BokosawuNyale. Kuliner satu ini memiliki tampilan unik dan menggugah selera, namun tak banyak yang tahu bahwa bahan dasarnya adalah cacing laut.

Cacing laut diproses dengan cara digoreng kemudian dicampur dengan sambal khas Sumbawa. Biasanya dicampurkan juga beberapa lembar daun kemangi untuk menghilangkan baunya. Bagi sebagian orang Sumba, makanan ini sangat lezat dan gurih. Kamu juga wajib mencobanya saat berkunjung ke Sumba.

Leave a Reply