Apa Itu Bisnis Model Canvas? Pebisnis Wajib Tahu!

Dalam menjalankan bisnis, kita juga harus paham tentang model bisnis. Apa Itu Bisnis Model Canvas? Bisnis tipe ini merupakan tipe bisnis yang bisa kamu andalkan agar bisnis lebih terstruktur dan lebih mudah dalam mencapai tujuan bisnis.

Apa Itu Bisnis Model Canvas? Bisnis ini merupakan suatustrategi manajemen yang berupa visual chart. Bisnis model canvas terdiri dari 9 elemen. Di artikel ini akan dibahas secara sekilas tentang bisnis model kanvas. Semoga bisa memberikan sedikit pencerahan bagi kamu yang masih merasa bingung.

Fungsi Bisnis Model Canvas

Hal pertama yang harus kamu tahu tentang bisnis model canvas adalah fungsinya itu sendiri. Apa saja fungsi dari bisnis model canvas? Di bawah ini akan kami uraikan:

  • Menuangkan ide bisnis dalam bagan sederhana
  • Membantu menerjemahkan ide dan konsep dalam gagasan visual
  • Rencana bisnis jadi lebih terfokus
  • Menjadi alat diskusi yang simple dengan mitra bisnis
  • Menjadi panduan saat mengeksekusi bisnis.

Elemen Dalam Bisnis Model Canvas

  1. Customer segment

Membuat segmentasi konsumen dari mulai mahasiswa, masyarakat umum, dll. Segmentasi konsumen dikelompokkan berdasarkan tingkat pendidikan, lokasi, usia, serta kategori lainnya.

  1. Value Propositions

Bisnis harus memiliki value atau nilai yang belum disediakan orang lain. Contohnya, menjual buku impor versi asli yang belum banyak tersedia di Indonesia. Dikemas secara baik dan anti penyok.

  1. Channel

Chanel bisa memanfaatkan website pribadi, media sosial, dan marketplace (Shopee & Tokopedia).

  1. Customer Relationship

Bangun suatu hubungan yang santai dan menyenangkan dengan konsumen. Gunakan bahasa komunikasi yang santai saat menyapa pelanggan. Kamu juga harus mampu membuat konsumen betah dengan diskon, poin atau giveaway.

  1. Revenue Streams

Buatlah sistem berlangganan dengan konsumen. Hal ini merupakan suatu upaya mempertahankan konsumen agar menjadi konsumen tetap. Contohnya, tawarkan akses membaca buku online bagi konsumen tetap.

  1. Key Activities

Pebisnis juga harus mahir mengelola berbagai kegiatan inti seperti mengelola website dan kegiatan digital marketing lainnya untuk kegiatan promosi. Pertimbangkan juga tentang produksi dan distribusi produk, bagaimana caranya sampai ke tangan konsumen tanpa kekurangan apapun.

  1. Key Resources

Pebisnis harus selalu memastikan ketersediaan produk yang diminta target konsumen. Berbagai media promosi seperti website, media sosial dan katalog harus dibuat sedemikian rupa agar ramah pengguna. Pikirkan juga sumber daya lainnya agar bisnis berjalan lancar.

  1. Key Partners

Pilihlah partner yang tepat saat menjalankan bisnis. Misalnya kamu hendak menggeluti bisnis kuliner, pilihlah supplier bahan makanan yang menyediakan bahan-bahan segar, berkualitas, harga bersaing dan pelayanan yang baik.

  1. Cost Structure

Elemen berikutnya adalah cost structure, kamu harus membuat perencanaan matang tentang biaya produksi dan harga jual. Perhitungkan seluruh pembiayaan dengan matang.

Check Also

 5 Tips Memulai Bisnis Fashion Agar Lebih Cepat Dikenal

Ada banyak peluang bisnis yang bisa kamu geluti untuk bisa mendapatkan income tambahan yang nominalnya …

Leave a Reply