Ayah Bunda Wajib Tahu, Sisi Positif dan Negatif Game Online Bagi Anak

Game online menjadi salah satu sarana hiburan kaum milenila di tenga-tengah jenuhnya aktivitas sehari-hari. Sisi positif dan negatif game online menjadi dua mata uang yang tak terpisahkan. Selain memberikan efek menghibur yang instan, ternyata game online juga punya manfaat lain.

Dampak Negatif Gadget

Namun tak bisa disangkal juga, game online memiliki sejumlah sisi negatif yang juga perlu diwaspadai. Jika dilakukan di luar batas kewajaran, bukan tak mungkin game online mengganggu psikis pemainnya.

Bagi kamu yang sangat mengemari game online, mari simak baik-baik sisi positif dan negatif game online yang patut kamu ketahui:

  1. Aktivitas Otak Bertambah

Dengan bermain game online, aktivitas otak bertambah dan menjadi terasah. Hal ini berdampak baik terhadap pertumbuhan otak anak sehingga anak akan terlatih berkonsentrasi dan fokus. Anak akan fokus pada satu misi dan berusaha mencari inovasi.

  1. Melatih Sportivitas Anak

Game online juga merupakan sarana yang baik untuk melatih sportivitas anak. Ketika kamu bertemu musuh, kamu akan berusaha melawan dengan dan berusaha menang, tentu dengan mengikuti aturan-aturan yang diberlakukan.

  1. Menambah Pengetahuan Baru

Bermain game online juga bisa menambah pengetahuan baru.game online juga memberikan pelajaran yang tidak kita dapat dari bangku sekolah. Beberapa hal yang bisa kamu pelajari adalah geografi, sejarah, budaya dan banyak lagi.

  1. Melatih Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Bermain game online juga memberikan manfaat untuk melatih pemain menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Pemain akan mengambil keputusan dan memikirkan strategi yang tepat untuk bisa keluar sebagai pemenang di pertandingan.

  1. Meningkatkan Kreativitas

Bermain game online juga bisa meningkatkan kreativitas dan keterampilan pada anak. Hal-hal yang bisa ditingkatkan dari bermain game online antara lain kemampuan mewarnai, menggambar dan menulis.

Dampak negatif bermain game online

Selain memiliki sejumlah dampak positif, bermain game online juga memiliki beberapa dampak negative yang harus orang tua waspadai. Apalagi jika anak terpantau bermain game online dalam intensitas waktu yang lama.

Beberapa dampak negatif game online antara lain, risiko terjadinya ganggua pada otak yang diakibatkan kecanduan atau ketergantungan. Selain itu, risiko kesehatan mata jika dilakukan dalam kurun waktu yang lama.

Game online juga berdampak negatif pada tingkat konsentrasi anak yang akan menurun. Gangguan motorik juga bisa menjadi ancaman jika anak bermain game online secara berlebih. Terakhir, anak SD yang terlalu banyak bermain game online biasanya juga mengalami kesulitan komunikasi secara sosial.

Dengan demikian bisa disimpulkan, bermain game online boleh-boleh saja asalkan dalam batas yang wajar. Jika dilakukan secara wajar, game online memiliki banyak manfaat.

Check Also

5 Game Online Strategi Terbaik untuk Ponsel Android

Game online strategi merupakan game yang sangat banyak dimainkan milenial saat ini karena sangat menantang …

Leave a Reply