Berbagai Keuntungan dan Kerugian Sistem Tabungan Emas

Berbagai Keuntungan dan Kerugian Sistem Tabungan Emas

Sistem Tabungan Emas – Tabungan emas merupakan salah satu cara yang bisa kamu upayakan untuk bisa berinvestasi emas tanpa perlu menguras kantong dalam jumlah besar sekaligus. Tabungan emas cukup populer dilakukan saat ini karena investasi emas cenderung terus mengalami kenaikan. Setiap tahunnya, harga emas selalu naik dan hampir tak pernah turun.

Berbagai Keuntungan dan Kerugian Sistem Tabungan Emas

Hal inilah yang membuat masyarakat melirik investasi emas untuk investasi jangka panjang. Emas tergolong jenis investasi yang stabil dan aman. Menabung emas menjadi pilihan banyak orang karena orang-orang bisa menyisihkan penghasilan bulanan bahkan harian untuk membeli emas.

Namun, kamu juga perlu mengetahui, bahwa setiap produk investasi memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing, tak terkecuali investasi emas. Apa saja keuntungan dan kerugian sistem tabungan emas? Di bawah ini penjelasannya:

  1. Keuntungan dari Tabungan Emas

Ada beberapa keuntungan tabungan emas yang perlu kamu ketahui, antara lain:

  • Nilai asetnya stabil. Emas merupakan komoditas yang bukan hanya berperan sebagai produk investasi, tapi juga bisa menjadi pelengkap gaya hidup bagi seseorang.
  • Emas mampu melindungi nilai mata uang rupiah dan melindungi nilai kekayaan karena harganya stabil bahkan cenderung naik.
  • Minim mengalami penurunan harga (low risk).
  • Emas sangat likuid. Jadi jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan uang tunai secara mendesak, kamu bisa mudah menjual emas. Keabsahannya diakui di seluruh dunia, emas bisa dijual dimanapun kamu berada.
  • Emas merupakan jenis investasi konvensional sehingga keamanannya lebih terjamin jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Maka dari itu, investasi emas sangat disarankan untuk pemula.
  1. Kerugian dari Tabungan Emas

Tabungan emas juga tak lepas dari kerugian. Di bawah ini beberapa kerugian yang mungkin kamu rasakan dari sistem tabungan emas, antara lain:

  • Sistem tabungan emas biasanya terdapat biaya tambahan seperti biaya penyimpanan. Besarnya biaya penyimpanan tergantung pada besaran gram dan lamanya emas disimpan.
  • Saldo emas yang ingin kamu konversi tidak akan berlaku real time, nasabah diharuskan menunggu beberapa hari terlebih dahulu hingga emas batangan bisa diambil.
  • Harga pembelian kembali (buyback) cenderung lebih rendah dibanding harga belinya.
  • Hanya cocok dijadikan sebagai instrument investasi untuk jangka panjang. Jika tujuanmu bersifat jangka pendek, sebaiknya pertimbangkan instrument investasi yang lain.

Itu dia beberapa informasi seputar tabungan emas dan investasi emas yang harus kamu ketahui. Sebelum memastikan untuk berkecimpung dalam satu jenis investasi tertentu, kamu terlebih dahulu harus mempelajarinya secara mendalam. Buat tujuan yang pasti, apakah bersifat jangka panjang atau jangka pendek.

Check Also

Berbagai Kelebihan Gopay Plus dan Cara Daftarnya

Saat ini e-wallet atau dompet digital banyak digunakan masyarakat untuk memudahkan proses pemabayaran dan bermacam …

Leave a Reply