Tips Bekerja dari Rumah Agar Tetap Produktif

WFH atau work from home banyak dilakukan perusahaan-perusahaan sejak merebaknya pandemic Covid-19. Dengan bekerja dari rumah, maka akan mengurangi interaksi sehingga bisa meminimalisir penyebaran virus di kantor.

Dalam kondisi tertentu, work from home juga dilakukan agar pekerjaan lebih efektif dan efisien tanpa perlu mengeluarkan transportasi. Tentu, bekerja secara remote dari rumah memiliki plus minusnya. Jika kamu tidak bisa mengelola waktu dan pekerjaan dengan baik, work form home bisa jadi sangat menantang. Untuk itulah akan kami bahas tips bekerja dari rumah agar tetap produktif..

  1. Mempersiapkan Diri

Persiapkan dirimu terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan setiap harinya. Hal-hal yang harus kamu persiapkan antara lain buatlah suasana yang santai, misalnya berada di depan televisi. Hindari hal-hal yang sekiranya akan mengganggu produktivitas kamu dalam bekerja.

Mandi pagi setiap hari selayaknya kamu akan pergi ke kantor. Pakai pakaian yang nyaman dan berdandan dengan rapi.

  1. Atur Jadwal

Buatlah jadwal yang dan aturlah waktu. Dengan jadwal yang teratur, kamu akan lebih tertib dan nyaman dalam bekerja. Jika tidak mengatur jadwal sama sekali, kamu akan bebas dalam pekerjaanmu dan tidak merasa terikat. Buatlah jadwal dan deadline yang pasti agar kamu lebih disiplin dan tidak kesiangan. Buat jadwal jam berapa mandi, jam berapa sarapan, dan jam berapa mulai bekerja. Dengan membuat waktu yang terjadwal, kamu tidak akan menunda-nunda pekerjaan.

  1. Ambil Posisi Kerja yang Nyaman

Ambilah posisi yang nyaman saat bekerja. Tidak masalah meski kamu tidak bekerja di atas meja, kamu tetap bisa nyaman dengan bekerja di atas kasur. Posisikan dirimu di tempat paling nyaman dan sunyi di rumah. Kamu sendiri yang paling tahu posisi paling nyaman untuk dirimu. Bisa sambil tiduran atau selonjoran di rumah.

  1. Buat Suasana Seperti Kantor

Agar bekerja lebih produktif, kamu juga harus membuat suasana di rumah seperti di kantor. Meski berada di rumah, kamu tetap bisa membuat suasana seperti di kantor dengan membuat meja kerja, membuat teh atau kopi, dan membuat ruangan yang nyaman dengan dekorasi seperti di kantor. Jangan lupa simpan tanaman hijau di dekat area kerja agar lebih fresh.

  1. Hindari Kegiatan Lain

Untuk tetap produktif bekerja, hindari kegiatan lain yang akan mengganggu. Usahakan untuk menghindari kegiatan lain seperti kumpul dengan teman, bermain ponsel, atau menonton film. Lakukan semua kegiatan itu saat pekerjaan sudah selesai.

  1. Rehat Sejenak

Rehat sejenak di tengah-tengah pekerjaan. Rehat setiap 1 jam selama 10 menit agar kamu kembali fresh dan produktif. Kamu akan segera menyelesaikan pekerjaan dengan pikiran yang tenang dan fresh. Jangan memaksakan jika sudah penat.

Check Also

 5 Tips Memulai Bisnis Fashion Agar Lebih Cepat Dikenal

Ada banyak peluang bisnis yang bisa kamu geluti untuk bisa mendapatkan income tambahan yang nominalnya …

Leave a Reply