Tips Sederhana Mengambil Gambar yang Tajam Untuk Pemula Dengan Kamera DSLR

Tips Sederhana Mengambil Gambar yang Tajam Untuk Pemula Dengan Kamera DSLR

Tips Kamera DSLR Untuk Pemula – Ingin menghasilkan gambar yang tajam dan berkualitas? Kamu bisa menggunakan kamera DSLR untuk menghasilkan gambar yang baik dengan beberapa trik dan tips sederhana. Tak perlu keahlian fotografi khusus, siapapun bisa menghasilkan gambar yang estetik dan menarik. Bahkan jika kamu bisa memotret dengan teknik yang baik, foto yang kamu hasilkan tak perlu lagi diedit kontras dan cahayanya.

Tips Sederhana Mengambil Gambar yang Tajam Untuk Pemula Dengan Kamera DSLR

Di bawah ini beberapa tips sederhana mengambil gambar yang tajam dengan kamera DSLR. Simak sampai akhir ya!

  1. Pilih Satu Titik Fokus

Jangan gunakan autofocus karena fitur ini akan memfokuskan apapun yang paling dekat dengan kamera. Sebaiknya pilih salah satu fokus yang kamu inginkan secara manual. Langkah ini bisa menghasilkan foto terbaik dan lebih tajam.

  1. Selalu Fokus Pada Mata

Jika kamu memotret wajah, fokuslah pada mata. Mata memang bukan satu-satunya bagian penting untuk menghasilkan foto yang bagus, tapi dengan berfokus pada mata, maka foto yang kamu hasilkan akan lebih tajam dan hidup.

  1. Gunakanlah Panjang Focal 70 Mm Atau Lebih

Sebaiknya hindari melakukan pemotretan dengan menggunakan length focal kurang dari 50 mm. Kini saatnya kamu mencoba menggunakan length focal pada poin 70 mm atau lebih. Pengaturan ini bisa menghasilkan potret yang lebih tajam dan jernih.

  1. Lakukanlah Pemotretan Di Tempat Yang Teduh

Langkah berikutnya yang perlu kamu pertimbangkan adalah lokasi pemotretan. Untuk menghasilkan foto yang tajam, pilihlah lokasi yang teduh dan tidak menciptakan bayangan yang akan menyulitkan proses editing. Tempat teduh akan menghasilkan bayangan halus dan lebih estetik.

  1. Pencahayaan

Pencahayaang merupakan unsur yang sangat penting dalam proses pemotretan. Gunakanlah cahaya yang cukup dan tak berlebihan. Sebaiknya gunakan cahaya yang stabil dan jangan mengandalkan cahaya matahari, karena cahaya matahari bisa hilang dan muncul secara tiba-tiba. Cahaya matahari juga tak bisa diposisikan sesuai keinginan kita, yang pada akhirnya membuat efek cahaya jadi tak merata.7.

  1. Perhatikan Kemampuan Kamera Anda

Hal penting berikutnya yang juga mempengaruhi tajam atau tidaknya sebuah foto adalah kemampuan kamera itu sendiri. Hindari mengambil gambar di luar batas kemampuan kamera milikmu. Beda jenis kamera beda pula peruntukannya. Jadi usahakan untuk mempelajari karakter dan spesifikasi kamera milikmu dengan baik ya.

  1. Pengaturan

Untuk hasil kamera dengan hasil terbaik, jangan lupa juga untuk memilih pengaturan yang tepat sesuai dengan situasi serta objek yang akan dipotret. Pengaturan siang dan malam akan berbeda. Juga jika kamu memotret objek pemandangan dengan objek benda pengaturannya pun akan berbeda. Mode landscape adalah mode terbaik yang bisa kamu gunakan untuk berbagai situasi.

  1. Lensa Foto

Gunakan lensa foto tambahan untuk menghasilkan foto yang tajam dan jernih. Semakin baik spesifikasi lensa, semakin bagus pula gambar yang dihasilkan. Harga lensa foto eksternal terkadang lebih mahal dari kamera DSLR itu sendiri. Gunakan teknik-teknik tertentu seperti wide angle shoot.

Check Also

Berbagai Kelebihan Gopay Plus dan Cara Daftarnya

Saat ini e-wallet atau dompet digital banyak digunakan masyarakat untuk memudahkan proses pemabayaran dan bermacam …

Leave a Reply